Halaman

Selasa, 18 September 2018

Budaya ku Ciri Khas Daerah Pandaan Pasuruan ku

Ciri Khas Pandaan
Pandaan adalah kota kecil dengan sejuta cerita. Pandaan sendiri merupakan Kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pandaan terletak di kaki Gunung Penanggungan. Di Kota kecil Pandaan ini juga terdapat banyak tempat objek objek wisata dan makanan yang wajib untuk dikunjungi antara lain :

1. Makoya Dapur Bakar Pandaan

Hasil gambar untuk lesehan makoya pandaan         Makoya Dapur Bakar ini terletak di Pandaan tepatnya di daerah Durensewu Pasuruan Jawa Timur. Lesehan ini juga mempunyai pemandaan yang indah loh. Kawasan ini masih termasuk wilayah pegunungan. Bukan hanya pemandangannya aja yang indah tapi, suasananya cocok buat kalian yang suka dengan alam dan cukup membuat pikiran lebih fresh.

         Menu makanan disini juga nggak kalah enak dari tempat lain yang tentunya tidak lepas dari ciri khas lesehan seperti ikan bakar, ayam bakar, terancam, ayam goreng dan lain lain. Untuk rasa dan harga tak perlu diragukan lagi dipastikan cocok dengan apa yang dirasakan. Apalagi dengan dikelilingi pemandangan yang indah dan sejuk pastinya.
       
         Makoya Dapur Bakar ini juga menyediakan fasilitas berupa toilet, kolam renang, mushola dan lain lain. Tapi kalau ke tempat ini wajib mencoba berenang di kolam renang Makoya. Kolam renang ini mempunyai nuansa seperti di Bali loh guys. Sayang sekali kalau tidak mencoba kolam renang ini. Bikin terbayang bayang deh sampai rumah. Harga untuk masuk kolam renang ini sekitar Rp 10.000 per orang.



2. Kepiting Cak Gundul

Hasil gambar untuk kepiting cak gundul pandaan          Buat kalian pecinta kepiting jangan lupa berkunjung ke tempat ini yang terletak di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, lebih tepatnya di Jl. Surabaya-Malang di sekitar Masjid Cheng Hoo. Kepiting Cak Gundul ini juga mempunyai beberapa cabang loh. Salah satu cabangnya ada di Kota Surabaya.

          Untuk harga menyantap kepiting ini sebandinglah dengan harganya. Menu Kepiting Cak Gundul ini tidak di hargai per porsi yaa tetapi berdasarkan berat kepiting itu sendiri. Kepiting Cak Gundul ini mulai dari jumbo hingga super jumbo loh. Tapi selain menu kepiting disini juga ada sayuran cah kangkung, tahu, kerang rebus dan udang. 

3. Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan

Hasil gambar untuk masjid cheng hoo pandaan pasuruan           Nah ini satu ikon dari kota Pandaan sendiri yang terletak di Jl. Raya Kasri. Waktu itu saya denger cerita masjid ini di bangun dengan perpaduan budaya Islam dan China yang menjadikan Masjid Cheng Hoo ini terlihat cantik dengan gaya Arsitektur bangunan masjid ini.

          Masjid ini selalu ramai pengunjung saat weekday ataupun holiday. Pengunjung menikmati keindahan yang dimiliki masjid ini. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen berswafoto di masjid ini. Tapii masjid ini bukan sepenuhnya tempat wisata yaa. Masjid ini masih tetap menjadi tempat untuk beribadah dan tempat untuk transit ataupun beristirahat sejenak. 

4. Taman Candra Wilwatikta

Gambar terkait          Taman Candra Wilwatikta ini terletak di Pasuruan. Lebih tepatnya di Sumber Gedang, Pandaan. Taman Candra Wilwatikta  bukan seperti taman taman seperiti biasanya loh. Taman ini terkenal dengan pagelaran sendra tarinya. Nah bangunan ini sendiri juga sebagai pusat kesenian dan budaya arek arek Pasuruan.

         
           Taman ini di bangun dengan ornamen ornamen yang berciri khas seperti candi yang membuat taman ini terlihat mewah, apalagi Taman Candra Wilwatikta ini bersuasana yang sejuk karena terletak di kaki Gunung Penanggungan loh.


         Setiap tahun di Taman Candra Wilwatikta ini selalu diadakan pagelaran sendra tari dan hiburan lainnya untuk memperingati Hari Jadi Pasuruan yang lebih tepatnya tanggal 18 September. Tetapi acara itu tidak tepat di tanggal itu loh guys, namun biasanya di adakan di hari sabtu atau yang disebut malming guys. Anak anak sekolah juga ikut berpartisipasi dengan kegiatan acara tersebut. Dan acara itu bukan khusus dari Pasuruan yaa guys, kalau kalian dari luar Pasuruan juga bisa untuk lihat acara itu di Taman Candra Wilwatikta.

5. Taman Dayu 
Gambar terkait 
            Nah selain Taman Candra Wilwatikta ada juga taman yang masih alami yaitu Taman Dayu. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan rekreasi, camping, jogging dan lain lain. Tidak kalah asri dari taman yang lain, taman ini menyuguhkan pepohonan yang rindang di sepanjang jalan.

             Taman Dayu ini sendiri juga mempunyai tempat wisata seperti Waterpark Taman Dayu, Outbond dan juga dapat menikmati Rumah Pohon yang telah disediakan di hutan pinus. Kalau untuk harga masuk Waterpark Taman Dayu dulu sih masih Rp 45.000 sih tapi nggak tau ya kalo sekarang hehehe.

         Selain tempat wisata disini juga ada tempat berkuliner . Di awal masuk pintu taman ini ada KFC. Di sebrang jalan juga ada WAPO atau biasanya disebut Warung Pojok karena tempatnya itu selalu mojok mojok hehehe. Ada lagi ketika sudah memasuki Taman Dayu ada deretan kuliner seperti Food Terace, Food Veranda dan The Orchad. Kalo saya sendiri sih lebih suka di Food Veranda karena disitu ada makanan untuk para remaja yang suka makanan pedas gengs. Namanya MIE DEMIT'S uhh muantull pokoknya deh buat kalian pecinta pedas.

         Nah untuk lebih tahu lengkapnya mendingan langsung saja deh ke Taman Dayu. Dijamin ketagihan dan sangat muantul pokoknya gengs.


Ada juga nih seni yang mulai dikembangkan di Kota Pandaan, Pasuruan ini yaitu :

1. Batik Khas Pasuruan

 


            Motif Batik Pasuruan sendiri biasanya menyuguhkan corak dari alam ini yang begitu cantik. Motif batik kota Pasuruan ini menyuguhkan bentuk motif kembang siring dan juga dengan motif baju batik dengan memperpadukan burung kepodang. Motif batik ini sudah menjadi ikon Pasuruan ini sendiri. Dan bahkan batik ini juga sudah di kembangkan melalui seragam sekolah di pasuruan ini.
 





     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar